Arti dan Harapan Dibalik Nama Humaira dan Hasan

Setelah mengetahui bahwa calon debay yang ada di dalam perut istri kembar. Langsung saja, mulai mencicil nama yang pas dan bagus sesuai harapan kami. Aslinya, kami mencoba memilih nama calon anak itu beberapa bulan setelah menikah. Ya, hitung-hitung nyicil nama untuk buah hati kan tidak salah kan?

Karena sudah mengetahui kembar itulah, kami harus menyiapkan 4 nama. Entah itu besok mau cowok semua, cewek semua, atau bahkan cowok dan cewek. Kami harus tetap menyiapkan ke empat nama itu.

Sambil mengobrol dan diskusi santai bareng istri, saya bilang kalau saya itu menyukak huruf 'H. Dan saya menyukainya itu tidak memiliki alasan, gak tahu. Cuma saya kok seneng mendengar sebuah nama diawali dengan huruf 'H. Mulailah sejak saat itu mencari-cari referensi nama yang cocok. Bisa lewat internet, bisa juga lewat buku-buku kumpulan nama bayi.

Ditambah lagi nama calon debay itu ada nama bapak saya. Ya ada nama bapak saya, mungkin ada unsur 'Rohman atau Rahman nya. Itu komitmen sejak awal. Jadi biar nasab garis keturunan bapak diwariskan ke anak saya. Sengaja tidak menambah nama saya dibelakang karena jujur kadang susah mengucapkannya. Bukannya saya tidak menghargai nama pemberian orangtuaku. Namun, menurutku nama 'Pracaya itu masih tergolong agak sudah mengucapkannya. Bahkan saya pernah juga ditanya seseorang ketika menyebutkan nama asli saya, sontak langsung bilang.

"Mas nya orang Thailand po?" saya pernah mendengar seperti itu.
"Lha, saya bingung mau jawab apa. "

Terlebih juga nanti ndak terlalu panjang nama calon debay. Kasihan besok² nya kalau mau mengurus administrasi baik di akademik dan urusan paspor dll tentu akan kerepotan.

Untuk nama calon debay kami lebih suka ada unsur Islaminya. Jadi bukan seperti nama bayi punyanya para artis ibukota. Kami lebih menyukai nama yang mengandung makna Islami dan mudah diucapkannya.

Ohya, untuk nama calon debay yang cewek itu yang depan itu istri yang memilih langsung. Lalu disampaikan ke saya, dan saya setuju. Karena mengandung nama salah satu perempuan mulia di alam semesta raya ini. Sedangkan kalau untuk yang cowok, itu murni dari saya sendiri. Sebelum itu juga konsultasi sama ahli agama tentang kedua nama calon debai ini. Dan alhamdulillah keduanya menyetujui dan sudah benar tulisan dan maknanya. So, kami makin mantap memberikan kedua nama ini untuk calon debay kami. Semoga Allah ta'ala merahmati dan melindungi serta meridhoi kalian adik kembar.

Semoga kelak dengan nama ini kalian berdua bisa menjadi dan mendekati pribadi yang baik dan kami selipkan doa dan harapan itu ke dalam potongan nama kalian. Aamiin...

Arti dan Harapan Dibalik Nama Humaira dan Hasan

Humaira Rahmani Izzati, yang insyaAllah, artinya anak perempuan nan cantik kemerah-merahan pipinya (nama panggilan sayang dari Nabi Muhammad Sallahu'alaihi wa sallam kepada istrinya, ibunda Aisyah Radhiallahuanha) yang memiliki sifat kasih sayang dan diberikan kedudukan mulia di sisi Allah ta'ala.

Hasan Abdurrahman,
InsyaAllah, artinya anak lelaki cucu nabi yang menjadi pemimpin dan kesayangan baginda Nabi Muhammad Sallahu'alaihi wa sallam. Dan kelak memiliki sifat dermawan dan bertanggung jawab dalam segala perbuatan. Memiliki jiwa berbisnis yang kuat dan jujur, seperti sahabat nabi, Abdurrahman bin Auf🙏😊

Anak-anak memiliki tiga hak atas ayah mereka. Yang pertama adalah mereka diberi nama baik. Yang kedua, mereka diberikan pendidikan yang baik; dan yang terakhir, mereka membantu mereka memilih pasangan yang baik,” (Ibnu Najjar).

"Yaa Zakariyyaaa innaa nubashshiruka bighulaami nismuhuu Yahyaa lam naj'al lahuu min qablu samiyyaa"

"Wahai Zakaria! Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya"
(QS. Maryam: 7)

Wallahua'lam...

_
Sedayu, Maret 2021
Dwi Pracaya
Dwi Pracaya Seorang karyawan swasta yang menyukai dunia tulis-menulis dan fotografi di Jogjakarta Menggunakan nama pena ~ Dipa, Happy Blogging :)

Posting Komentar untuk "Arti dan Harapan Dibalik Nama Humaira dan Hasan"